Sosial Presence

Moderator : Bunda Kanjeng

Narasumber : DR (C) MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd

RESUME: 13

IMPLEMENTASI SOSIAL PRESENCE DALAM PEMBELAJARAN/BIMBINGAN ONLINE

Oleh Abraham Tefa

Senin 31 Agustus 2020, sebagai hari ke 13 dalam jadwal belajar online bersama Omjay gelombang 15. Pada malam ini kami didampingi Bunda Kanjeng sebagai moderator dan yang hadir sebagai narasumber adalah  DR (C) MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd. Narasumber (Bu Muda) yang lahir pada tanggal 21 April, saat ini mengabdi sebagai seorang dosen pada IKIP PGRI Jember. Bu Muda juga memiliki seorang suami dan 3 orang anak. Suami Bu Muda mengabdi sebagai PNS Guru, begitu pula anak sulung Zada Wildaningrum Mustika Ratri juga PNS Guru pada SMKN Pasirian. Dua orang anak yang lain masih kuliah (Desainer Robotik UGM) untuk anak kedua dan yang bungsu masih sekolah pada jenjang SMP. 

Sebagai seorang dosen Bu Muda telah mempublikasi beberapa hasil karya jurnal baik pada tingkat nasional maupun tingkat internasional. Selain jurnal Beliau juga telah menulis dan menerbitkan sejumlah buku. Salah satu buku yang berjudul "IMPLEMENTASI SOSIAL PRESENCE DALAM BIMBINGAN ONLINE" menjadi bahan presentasi dalam belajar online malam ini. 

Sosial Presence 

Dalam menghadapi masa pandemic covid-19, semua pihak baik pemerintah, sekolah maupun orang tua berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak-anak. Dalam segala keterbatasan ruang gerak, pemerintah dan sekolah bersama orang tua berusaha menyiasati kelas agar keberlangsungan belajar bagi anak didik terus berjalan demi menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkompeten pada beragai bidang. 

Kehadiran Bu Muda malam ini membawakan materi tentang "IMPLEMENTASI SOSIAL PRESENCE DALAM BIMBINGAN ONLINE". Kecenderungan materi yang lebih spesifik ke bimbingan karena sesuai dengan latar belakang ilmu Bu Muda. Peserta belajar online yang bergabung dari berbagai disiplin ilmu dan mengabdi sebagai guru mata pelajaran, tentu dapat mengimplementasikan sosial presence dalam pembelajaran online. 

Implementasi social presence dalam pembelajaran/pembimbingan online nampaknya menjadi hal yang baru bagi saya dan tentu sebagian teman yang lain. Hal ini disebabkan karena pembelajaran online baru secara masif dilakukan di seluruh tanah air pada masa pandemic covid-19 ini. Buku IMPLEMENTASI SOSIAL PRESENCE DALAM BIMBINGAN ONLINE pun baru ditulis oleh Bu Muda saat mengikuti pembahasan materi ini bersama Prof. Eko Indarjit dalam kelas menulis online bersama Omjay. Bu Muda memberikan kesimpulan bahwa social presence dalam pembelajaran/pembimbingan online adalah "kualitas interaksi yang dilakukan oleh komunikan untuk memproyeksikan diri mereka secara sosial dan emosional sebagai orang nyata dalam pembelajaran online". 

Pembelajaran/pembimbingan dengan kehadiran sosial online sangat bermanfaat karena pada masa pandemi seperti ini dapat menghindarkan kontak fisik yang dapat menjadi potensi penularan penyakit. Manfaat lain dari kehadiran sosial secara online dalam pembelajaran/pembimbingan adalah merevolusi  transformasi proses belajar yang semula dari tatap muka langsung menjadi virtual. 
Beberapa aplikasi online yang dapat dijadikan media pembelajaran/pembimbingan online  di antaranya adalah whatsApp, youtube, webex meet, live meeting, Zoom dan lain-lain. 

Manfaat yang lebih khusus bagi peserta didik dari pembelajaran/pembimbingan dengan kehadiran sosial online disebutkan Bu Muda bahwa:
  1. Social Presence menjadikan peserta didik bisa berinteraksi secara sosial dalam lingkungan komunikasi online
  2. Social Presence adalah konsep psikologi sosial yang didasarkan pada interaksi sosial yang berhubungan dengan perilaku baik dan buruk
  3. Social Presence mempengaruhi pembentukan sikap dan perilaku dalam konteks komunikasi
  4. Social Presence menerima orang lain sebagai individu dan seluruh interaksi yang terdapat nilai-nilai ikatan hubungan timbal balik.
  5. Social Presence menunjukkan aspek perkembangan kematangan intelektual yang dapat meningkatkan pemahaman akan konsekuensi yang dihadapi
Mengikuti penjelasan Bu Muda selama 2 jam lebih tentang social presence dalam bimbingan online, sungguh sangat menarik dan bermanfaat. Materi yang berisi motivasi bagi saya untuk berinovasi dan melengkapi diri dengan berbagai pemahaman menggunakan teknologi dan aplikasi online demi  menyediakan kelas online untuk melayani peserta didik pada masa seperti sekarang ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IDE DALAM MENULIS

PENGALAMAN ADALAH INSPIRASI MENULISKU

Berbagi pengalaman Menulis Bersama Cikgu Tere