Belajar & berbagi cara menerbitkan buku keren

Moderator: Bunda Kanjeng 

Nara sumber: Noralia Purwa Yunita, M.Pd

Menulis dan berprestasi
Oleh: Abraham Tefa
Noralia Purwa Yunita biasa di panggil Bu Nora lahir pada 12 Juni 1989, di Kudus Jawa Tengah. Bu Nora adalah putri pertama dari Bapak Ali Ahmadi, S.Pd dan Ibu Noor Fatkhiyah, S.Pd.SD. Bu Nora menyelesaiakan studi S1 dan S2 sekaligus di Universitas Negeri Semarang. Sekarang Bu Nora mengabdi sebagai seorang pendidik pada SMP 8 Semarang. Selain mengajar, Bu Nora memiliki beberapa aktivitas lain seperti menulis buku, menulis di blog, anggota MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Prakarya, anggota komunitas sejuta guru ngeblog, dan anggota komunitas koordinator virtual Indonesia (KKVI). 
Prestasi yang pernah diraih di antaranya adalah juara harapan I lomba karya tulis di Universitas Negeri Semarang, Program Pendanaan Dinas Provinsi Jawa Tengah pada program fasilitasi karya ilmiah tingkat Provinsi Jawa Tengah, Program Pendanaan LPMP pada usaha program pengabdian pada masyarakat, Program pendanaan DIKTI pada program kreativitas mahasiswa tingkat nasional, pendanaan Student Grand Hibah Im Here DKTI dan sejumlah prestasi lainnya. 
Bu Nora juga sudah berhasi menulis beberapa buah buku seperti bahan ajar Kimia SMA, buku antologi "Menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah", buku seri ekodji academy"Digital Mindset", buku "jurus jitu menulis dan berprestasi" serta beberapa artikel yang sudah dimuat di media daring dan cetak.

Pengalaman menulis Bu Nora sesungguhnya sudah dimulai sejak mengikuti pendidikan S1, kala itu diajak kakak kelas untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi. Saat diajak, mulanya Bu Nora ragu. Namun akhirnya penasaran lalu diputuskan untuk ikut juga lombanya. Sekalipun belum punya pengalaman menulis tapi ketekunan belajar secara autodidak, Bu Nora berhasil meraih juara 3 lomba tersebut. 

Berdasarkan pengalaman pernah mengikuti lomba ini membuat Bu Nora ketagihan menulis dan ikut lomba. Walau hanya belajar dengan kakak kelas dan dosen pembimbing Bu Nora bersedia mengikuti beberapa lomba lagi dan hasil dari lomba-lomba tersebut sangat menggembirakan (juara). Berkat hadiah mengikuti lomba-lomba itu Bu Nora dapat menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 sekaligus dengan tidak mengeluarkan biaya alias gratis. Semua biaya kuliah telah ditutupi oleh hadiah yang diperoleh saat mengikuti lomba.

Semangat menulis Bu Nora menurun setelah bekerja dan berkeluarga. Alasannya karena susah mengatur waktu, sehingga susah berkarya. Hingga suatu saat Bu Nora pindah unit kerja, Bu Nora bertemu seorang teman kerja yang kembali memantik semangatnya menulis. Puncak semangat Bu Nora terasa saat menjalani masa pandemi covid-19 dan bergabung bersama group menulis bersama Omjay.

Hasil tulisan pertama dalam bentuk opini yang diterbitkan pada media online suara guru PB PGRI dengan judul"PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI SOLUSI?". Tulisan kedua Bu Nora masih dalam bentuk Opini yang terbit pada majalah geliat gemilang Bandung.

Pencapaian terbesar Bu Nora adalah menulis buku dan berhasil diterima oleh penerbit mayor untuk diterbikan. Buku dengan judul "Digital Mindset " ini sebagai hasil kolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indradjit.

Inilah buku yang berhasil diterbitkan penerbit Andi Yogyakarta.

Sebagai buku kedua Bu Nora menghasilkannya dengan membuat resume belajar bersama Omjay gelombang 8. Jurus jitu Menulis dan berprestasi, menjadi judul buku hasil membuat resume. Bukunya sementara dalam proses penerbitan.

Berkat ketekunan terus berkarya saat bergabung bersama group menulis bersama Omjay, Bu Nora meraih beberapa prestasi dan penghargaan dari PGRI dan penerbit Andi. Bu Nora pun merangkum dan membagikan prestasi-prestasi yang diraihnya ini dalam bentuk tips sebagaiu berikut:

  1. Ambil kesempatan yang ada, tips sebagai hasil renungan saat menorehkan prestasi menulis pada media online dan media cetak. 
  2. Beri target, agar mencapai target kita mesti membuat outline yang sesuai tema lalu menetapkan waktu menyelesaikan tulisannya
  3. Catat referensi, setelah membuat outline dan target, langkah selanjutnya adalah mencari referensi baik secara online maupun ofline, yang terkini dan teraktual.
  4. Disiplin waktu, sebuah kendala yang dapat dialami tiap orang. Solusinya, kita dapat mengatur waktu secara bebas sesuai rasa nyaman kita menulis dengan tidak menggangu waktu bersama keluarga.
  5. Tulis, langkah terakhir setelah membuat outline sesuai  kita mulai menulis sesuai dengan tema.
Di bagian akhir sesi pemaparan materi Bu Nora memberikan sebuah tips lain khusus untuk membuat resume. Tipsnya ini terdapat dalam "https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/06/tips-membukukan-hasil-resume-pelatihan.html"

Masuk sesi diskusi, hadir sebagai penanya pertama ibu Sri Mulianah dari Pare-pare. Bu Sri meminta Bu Nora membagikan tips menulis buku yang menarik minat baca orang. Tips Bu Nora adalah "banyak membaca" bahwa dengan banyak memabca semakin banyak diksi penulis yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan yang semakin renyah saat dibaca. 

Ibu Nurhidayati asal Tegal-Jawa Tengah sebagai penanya kedua meminta Bu Nora membagikan outline buku yang sudah ditulis dan tips menulis dalam waktu satu minggu dengan tidak mengorbankan keluarga. Bu Nora langsung membagikan outline bukunya dan melanjutkan dengan tips mengatur waktu menulis, bahwa dalam menulis Bu Nora menggunakan waktu setelah keluarga istirahat, biasanya di atas jam 9 malam. Jika di kejar dateline, Bu Nora biasanya tidur jam 11 bahkan jam 12 setelah menulis. 

Sebagai penanya ketiga, Bu Santi dari Jayapura meminta Bu Nora membagikan sinopsis buku Digital Mindset. Dijelaskan bahwa buku digital mindset berisi tentang pola pikir digital dan penerapan digital mindset di berbagai bidang kehidupan, pembelajaran digital, aplikasi yang mendukung untuk pembelajaran digital, apa saja yang harus dipersiapkan untuk pembelajaran digital serta dilengkapi dengan contoh RPP untuk pembelajaran digital. Demikian sinopsis buku digital mindset Bu Nora.

Ibu Endartiningtyas Sulistiyo dari Rembang Jawa Tengah meminta penjelasan Bu Nora terkait dua hal, 
  1. Buku "Jurus jitu menulis dan berpretasi" apakah hasil resume keseluruhan materi dari pertemua awal hingga akhir ataukah satu materi yang dikembangkan?
  2. Bagaimana trik membuat resume yang apik sehingga dilirik penerbit mayor?
Bu Nora menjawab bahwa buku jurus jitu menulis dan berprestasi sesungguhnya adalah buku hasil resume materi pelatihan dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir. Namun isinya ada beberapa yang ditambahkan di luar materi dari narasumber, dan ada pula yang tidak dimasukkan dalam buku tersebut. Buku yang dibuat dari resume sebelumnya dibuatkan outline dan menggunakan patokan 2w+1h (what, why dan how) kemudian baru  menyusun resume yang ada. Terkait trik, Bu Nora menawarkan triknya yang sudah terbukti yakni banyak membaca, observasi, banyak belajar. 

Demikian pemaparan Bu Nora dalam kuliah online di group menulis bersama Omjay malam ke-7 ini. Untuk kesekian kalinya kami di inspirasi dan dimotivasi tentang menulis oleh narasumber hebat dan berprestasi. Berbagai pengalaman dan hasil karya yang telah dibagikan sekiranya menjadi bekal kami agar ikut berkarya menjadi pilar literasi Indonesia.di berbagai pelosok tanah air. 
Salam literasi, semangat!






 

  

Komentar

  1. Terimakasih atas resume lengkapnya 😊

    BalasHapus
  2. Di akhir resum.. kata pnutupnya keren.. ikut berkarya menjadi pilar literasi indonesia.

    BalasHapus
  3. Di akhir resum.. kata pnutupnya keren.. ikut berkarya menjadi pilar literasi indonesia.

    BalasHapus
  4. Membaca resume anda sy jd semangat utk bs lbh bagus lagi dalam menulis resum selanjutnya ....terimakasih kawan sdh menginspirasi

    Monggo brg x berkenan hadir

    http://nurhidayati2010.com/?p=561

    BalasHapus
  5. Keren resumenya. Seperti narasumber tidak pernah berhenti belajar. Bersama teman-teman hebat kita terus belajar menulis. Salam literasi

    BalasHapus
  6. resume detail, bagus dan lanjut

    BalasHapus
  7. Lengkap dari A to Z....
    Keren Pak...

    BalasHapus
  8. Seperti alphabet lengkap 👍👍👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IDE DALAM MENULIS

PENGALAMAN ADALAH INSPIRASI MENULISKU

Berbagi pengalaman Menulis Bersama Cikgu Tere