IDE DALAM MENULIS

Moderator : Bunda Kanjeng

Narasumber : Agus Sampurno

Oleh        : Abraham Tefa, S.Pd


IDE DALAM MENULIS

Malam ke 16 hadir kembali dalam ruamg belajar online, Bu Kanjeng sebagai Moderator. Narasumber malam ini adalah seorang bloger hebat, Bapak Agus Sampurno. Suasana belajar seperti biasanya. Bu Kanjeng mengatur jalannya pembelajaran. Usai membuka dan mempersilahkan Narasumber masuk kelas, kami pun langsung disapa dengan hangat oleh Pak Agus lalu dilanjutkan dengan pembelajarannya. 

MENULIS ADALAH CARA MERENCANAKAN SESUATU

Pembelajaran malam ini disampaikan dengan topik Ide Menulis. Bahwa menulis adalah cara merencanakan sesuatu. Menulis ibarat lego bisa disusun/dibangun  dari bagian-bagian yang terpisah menjadi wujud sebuah benda. Menulis bermula dari niat, kemudian ide lalu dituangkan dalam untaian kata-kata yang menggambarkan sebuah kisah atau pengalaman baik yang dialami sendiri maupun pengalaman orang lain. Apapun kisahnya, jika ide telah didapat lalu direncanakan untuk disusun sesuai dengan pola yang diinginkan, tentu akan memberikan rasa ketertarikan untuk terus menulis. 

Dalam seluruh segi kehidupan di dunia untuk semua bidang profesi diperlukan kemampuan literasi menulis. Menulis dapat menjadi salah satu cara menyalurkan hobi,  menulis juga sebagai sarana mentransfer ilmu pengetahuan, atau bahkan yang ekstrim adalah menulis sebagai bentuk pelampaiasan karena tertolak dari komunitasnya. Dalam hal ini, Pak Agus memberikan beberapa alasan mengapa seseorang menulis:

  1. Seseorang yang punya hobby yang unik, Internet menghargai orang-orang dengan minat yang tidak jelas dan unik. Menulis online di blog akan membantu seseorang menemukan penghobi yang berpikiran sama yang tidak dapat ditemukan di kehidupan nyata
  2. Think-for-Yourself Academic (seorang pintar berbakat dan terobsesi dengan pengetahuan tertentu). Seorang dengan minat jenis ini bisa bisa akan menantang para akademisi tulen di kampus. Mereka adalah orang yang sangat terspesialisasi dan seringkali menentang ide-ide baru. Di Internet, Anda tidak memerlukan izin dari peer reviewer (otoritas keilmuwan) sebelum Anda menerbitkan pekerjaan Anda.
  3. Pengusaha Muda atau pebisnis baru. Kita sedang bergerak ke dunia Produk yang Memprioritaskan Pembeli atau audiens. Sebelum Internet, perusahaan membuat produk sebelum audiens. Sekarang, mereka membangun audiens sebelum produk. Lebih mudah memulai bisnis saat Anda memiliki audiens.
  4. Karyawan yang Diremehkan (jika anda adalah orang yang merasa tempat kerja anda tidak bisa menerima ide segar dan baru) Jika pasar meremehkan keterampilan Anda, dan Anda tidak dapat menunjukkan kompetensi Anda di tempat kerja, Anda dapat membuktikan diri dengan menulis online.
  5. The Deep Thinker (kaum pemikir)  Menulis online akan mempertajam pemikiran Anda. Halaman putih kosong adalah cermin ke dalam pikiran Anda. Ketika ide-ide di benak Anda kabur, begitu pula kata-kata di halaman depan Anda. Menulis ulang adalah memikirkan ulang. Menulis adalah cara terbaik untuk meningkatkan ide Anda.
  6. Orang dengan ide dan pemikirna unik (hampir mirip dengan nomor 1) Anda secara intelektual ingin tahu, tetapi Anda terjebak di tempat di mana Anda tidak dapat bertemu orang yang berpikiran sama.Menulis online, sehingga orang-orang mendatangi Anda. Saat mereka melakukannya, Anda dapat melakukan obrolan video dengan mereka dan mencari cara untuk bertemu langsung dengan mereka. 
  7. The Job Hunter (si Pencari kerja atau order) Sebuah blog pribadi yang ditulis dengan baik mengatakan lebih banyak tentang Anda daripada CV  apa pun. Menulis menunjukkan keingintahuan, komitmen, dan ketekunan - yang menarik perhatian perusahaan terbaik.
Dalam menuangkan ide menjadi sebuah tulisan, kita telah mempunyai berbagai fasilitas yang lebih memudahkan tanpa kendala berarti. Menulis sudah dapat dilakukan di mana saja dan kapanpun kita siap untuk menulis. Fasilitas sederhana yang dapat dimanfaatkan itu di antaranya gawai yang berbasis android untuk menulis online. Dengan menulis online, kita dapat mendemonstrasikan kompetensi diri dan memberi tahu dunia tentang keahlian unik yang kita miliki. 

BERLATIH MENULIS DARI SEPOTONG IDE-GOOGLE JAMBOARD

Pak Agus selanjutnya mengajak kami peserta belajar untuk berlatih menulis menuangkan ide  menggunakan google-jamboard. Sebuah aplikasi sederhana berbentuk piramida yang berguna untuk membantu kita sebagai penulis pemula dapat menulis.  
Salah satu contoh Pak Agus memanfaatkan jamboard untuk menulis adalah dengan memilih trending topic. Misalnya pada masa pandemi seperti ini yang hangat adalah Pembelajaran Jarak Jauh. Menyikapi situasi seperti ini ada beberapa hal yang dimanfaatkan seseorang untuk menulis dari beberapa perspektif, seperti:
  1. Persepektif sebagai pendidik yang merasa dirinya sukses; ia akan menceritakan bagaimana dirinya sukses mengampu pembelajaran online, dengan menceritakan kesehariannya dalam mengajar secara online. Ia lupa banyak pendidik diluar sana yang masih berjuang mengatasi kendala.
  2. Perspektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anaknya dalam pembelajaran jarak jauh.
  3. Perspektif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan pengalamannya. Ia berperan memberikan pertimbangan, tips dan trik bagi kedua belah pihak, bagi orang tua siswa dan guru.
TIPS BAGI PENULIS PEMULA

Sebagai penulis pemula, biasanya cenderung mencari sesuatu yang ada hubungannya dengan keuntungan atau kebutuhan dirinya. Hal ini sering dilakukan penulis pemula karena menulis ide yang berasal dari diri sendiri. Sebuah tips sederhana ditawarkan pak Agus untuk penulis pemula agar menulis dari hal yang mudah, yang bisa dan dari hal yang telah dialami. Tatkala ingin sekali menulis, namun topik yang ditemukan telah lebih dahulu dituangkan orang lain, maka cara yang dapat dilakukan adalah ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). 
Dalam menulis pun perlu memberikan "roh" pada tulisan. Sebuah kalimat dalam tulisan sudah harus mengandung makna sebagai pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Buku yang ditulis dengan tebalnya berlembar-lembarpun pada akhirnya punya satu tema besar yang ingin disampaikan. 

Demikianlah ilmu menulis yang dibagikan Pak Agus malam ini, kiranya bermanfaat bagi kita semua yang telah menyimaknya melalui pembelajaran langsung maupun begi tema-teman yang ikut membaca resume ini. Semoga menjadi inspirasi. Salam guru hebat, semangat!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN ADALAH INSPIRASI MENULISKU

Berbagi pengalaman Menulis Bersama Cikgu Tere