Menulis dan menerbitkan Buku pada Penerbit mayor

 Oleh : Abraham Tefa, S.PD

INTERNET GAYA HIDUP GENERASI Z

Untuk ketiga kalinya secara beruntun belajar online bersama Omjay kami dipandu oleh Bunda Kanjeng. Yang bertindak sebagai narasumber malam hari ini adalah Dra.Musiin, M.Pd, biasa dipanggil Bu Iin. Bu Iin lahir di Kota Tahu Takwa Kediri pada tanggal 6 Juli 1970, memiliki hobi membaca buku, menulis, traveling dan memasak. Bu Iin  mengabdi sebagai seorang guru Bahasa Inggris pada SMPN 1 Tarokan Kediri sejak tahun 1998. 

Sejarah perjalanan studi Bu Iin mulai masuk SD tahun 1977 dan tamat 1983 dari SDN Kras I Kediri, seusai tamat SD beliau lanjut ke SMPN Kras tahun 1983 hingga 1986 dan sekolah lagi ke SMAN 4 Kediri hingga tamat 1989. Pendidikan Strata I ditempuh antara tahun 1989 sampai 1994 di IKIP Malang, dengan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Bu Iin juga menuntaskan studinya ke jenjang Strata II di Universitas Negeri Surabaya Jurusan Bahasa dan Sastra pada tahun 2006-2009.

Pengalaman mengajar Bu Iin selain mengabadi sebagai Guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Tarokan Kediri, Bu Iin juga mengajar sebagai dosen pada tahun 1994 di STKIP PGRI Jombang, STIE Dewantara Jombang dan Tutor bagi pekerja asing di PT Jedang Jombang. Bu Iin juga ditunjuk sebagai anggota tim penilai angka kredit guru di tingkat Kabupaten Kediri. 

Dalam berorganisasi, Bu Iin punya pengalaman menjadi founder lembaga swadaya masyarakat YAPSI yang didirikan sejak 1991. Lembaga bergerak dalam bidang:

  1. Pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM bekerja sama dengan Bank Indonesia Surabaya.
  2. Pemberian pangan bagi masyarakat miskin, posyandu, dan anak sekolah bekerja sama dengan World Food Program (UN-WFP) di wilayah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.
  3. Pemberian bantuan susu bagi anak-anak SD bekerja sama dengan Susu Ultra dan Departemen Pertanian Amerika Serikat
  4. Pelatihan Sekolah Ramah Anak bagi guru-guru SD di Kabupaten Sampang bekerja sama dengan UNICEF
  5. Pendidikan lingkungan dan daur ulang sampah bekerja sama dengan Tetra Pak Indonesia dan TP UKS Provinsi Jawa Timur.
  6. Pengadaan perpustakaan kampung, dan toilet kampung-kampung Surabaya donasi dari UN WFP
Bu Iin juga memiliki jiwa kewirausahaan dengan menjadi founder  PT In Jaya yang bergerak dibidang ekspedisi untuk pendistribusian produksi Indomarco dan Indolakto Pasuruan. PT In Jaya juga sebagai pemasok bahan baku tebu bagi pabrik gula di wilayah Madiun, Malang dan Kediri.

Demikian gambaran data diri dan pengalaman pengabdian Bu Iin selaku narasumber yang diberikan oleh  Bapak Wijaya Kusumah pengelola group belajar online bersama Omjay, mendahului kegiatan belajar malam hari ini.

Pada sesi pembelajaran Bu Iin membagikan pengalaman menulis dan menerbitkan buku pada penerbit mayor. Bu Iin ternyata adalah seorang alumni belajar online bersama Omjay gelombang 8, teman satu angkatan Cikgu Tere dan Pak Roma (dua orang narasumber terdahulu). Buku yang diterbitkan berjudul "LITERASI DIGITAL NUSANTARA"

Sebuah pengalaman yang sama persis dengan Cikgu Tere dan Pak Roma, saat bergabung dalam group menulis dan bertemu narasumber Prof. Eko. Tatkala ditantang oleh Prof Eko, Bu Iin langsung merespon dengan menerima judul yang tawarkan lalu membuatkan outline sebagai berikut:

  1. Pengguna internet di Indonesia
  2. Media sosial
  3. Literasi digital
  4. Ekosistem literasi digital di Nusantara
  5. Literasi digital untuk membangun digital mindset warga +62
Outline yang diserahkan ke Prof Eko, langsung dibalas esok harinya dan disertakan judul buku yang akan ditulis Bu Iin. Respon cepat oleh Porf Eko menjadi pemicu semangat Bu Iin untuk segera menyelesaikan buku tersebut. Berbagai upaya melengkapi diri dan mencari referensi dalam menulis buku ini, dimulai dari mengumpulkan surat kabar, buku-buku hingga penelusuran di internet. 

Dalam upaya mendapat referensi yang tepat, Bu Iin melakukannya dengan pengorbanan. Wujud pengorbanan Bu Iin dengan cara  menyisihkan 10%  dari penghasilannya untuk membeli buku, berlangganan surat kabar dan memasang wifi di rumah. Semua ini dilakukan demi menambah wawasan dalam menulis buku. Proses memperkaya wawasan menulis Bu Iin tidak mencari dan mengumpulkan buku-buku yang hanya berkaitan dengan disiplin ilmunya (Bahasa Inggris) saja, namun beliau membeli dan memaca juga setiap buku yang menarik dari berbagai bidang ilmu lainnya.

Pengalaman menulis selama mengabdi sebagai guru belum seberapa begitulah yang diakui Bu Iin. Jika menulis, hanya sebatas menulis PTK, jurnal, proposal dan laporan, yang semuanya dilakukan untuk kepentingan pekerjaan saja. Tidak pernah terlintas dalam benak Bu Iin untuk menulis dan menerbitkan buku apalagi menerbitkan buku pada Penerbit Mayor. Program kerja yang secara sadar direncanakan dalam SKP diawal tahun 2020 yakni rencana akan menulis buku menjadi jalan sukses Bu Iin. 

Niat baik Bu Iin dengan membuat program menulis buku tahun 2020 di SKP ternyata sukses. Perenungan Bu Iin terkait kesuksesannya menulis buku ada pertaliannya dengan isi sebuah buku  yang berjudul The Secret (Law of Atraction) karya Rhonda Byrne, yang isinya bercerita tentang gaya tarik menarik di alam semesta. Lebih dalam direnungkan Bu Iin bahwa kesuksesan ini tidak hanya hukum alam saja, namun atas ijin dan restu dari yang Maha Kuasa. Wujud campur tangan yang Kuasa dalam kesuksesan Bu Iin sampai menerbitkan buku pada penerbit mayor adalah diberi jalan bergabung dalam group menulis bersama Omjay. 

Cover buku pertama Bu Iin yang diberikan penerbit Andi Yogyakarta

Bu Iin lalu mengajak kami peserta belajar malam ini untuk menyimak isi bukunya tersebut secara garis besar. Isi buku ini menyampaikan materinya Prof Eko dalam Ekoji Chanal (http://www.youtube.com/watch?v=8oMCQspJOLL)  dengan judul Digital Mindset. Berdasarkan rilis data dari Statista bahwa Indonesia adalah negara ke 5 dari 10 negara pengguna internet terbesar dunia dengan jumlah pengguna sebanyak 143,26 juta pada maret 2019, data ini menjadi alasan Bu Iin menulis  buku ini. 

Bu Iin lebih jauh menjelaskan dalam buku ini dari hasil survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), bahwa pengguna terbesar adalah generasi z. Generasi z adalah generasi yang lahir antara tahun 1995-2010. Generasi ini disebut dengan iGeneration atau Generasi Net. 

Alasan generasi z menjadi pengguna terbesar internet karena Gadget dan internet telah menjadi bagian kehidupan mereka sejak kecil. Implikasinya karena mereka menyukai yang instan, kenyamanan, dan multi tasking. Popularitas yang diperoleh dengan unggahan-unggahan pada media sosial dengan gayanya, belanja online, traveling dan berbagai aktivitas lain. Data lain APJII tentang alasan warga +62 mengunakan internet adalah untuk komunikasi, bermedia sosial dan mencari informasi tentang pekerjaan. Demikian gambaran Bu Iin dalam bab 1 buku yang ditulisnya. 

Berikutnya Bu Iin mennyampaikan isi bab 2 dengan menampilkan judul bab dan data yang menjadi referensi menulis bab tersebut seperti gambar berikut:

Pada bab 2 Bu Iin mengambarkan diawal tentang media sosial yang mencakup pengertian, jenis-jenis dan kelebihan serta kekurangan media sosial. Penggunaan media sosial internet jika tidak diimbangi dengan kecerdasan digital akan mengakibatkan pengguna internet menjadi korban kejahatan digital atau bahkan menjadi pelaku kejahatan digital. Indonesia sebagai negara telah memiliki Undang-undang yang mengatur tentang Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik, yang disebut UU ITE. Pasal yang paling sering dilanggar oleh warganet adalah pasal 27 UU ITE, dan yang menjadi sasaran empuk dari kejahatan siber ini adalah anak-anak usia 15 - 19 tahun. Demikian paparan Bu Iin tentang isi bukunya pada bab 2. 

Gambaran ringkas tentang pengalaman menulis dan menerbitkan buku pada penerbit mayor yang dipaparkan Bu Iin malam ini, ditutup dengan menyampaikan kata-kata bijak yang dikutip dari blog Kang Robby (http://robbie-alca.blogspot.com/).

Sesi terakhir belajar online malam keenam ini diisi  tanya-jawab dengan narasumber. Dalam sesi tanya-jawab Bu Iin ditemani Bunda Kanjeng menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan peserta dengan luwes dan simpel. Sungguh kami peserta online belajar bersama Omjay gelombang 15 sangat tercerahkan malam hari ini. Doa kami selalu sama dalam setiap kali pertemuan, semoga ilmu dan pengetahuan baru dari narasumber-narasumber yang sangat baik hati, membawa kami pada pengalaman-pengalaman baru hingga menhasilkan sebuah buku. 

Demikian resume keenam saya, mohon koreksinya teman-teman. 

Terimakasih kepada teman-teman semuanya yang telah memberikan masukan agar resume saya harus dilengkapi dengan gambar dan ketikannya mesti dittata biar menarik untuk dibaca. Saran saya ikuti sehingga terlambat upload resume, maklum pemula. Heheheh

Salam Literasi, semangat!


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IDE DALAM MENULIS

PENGALAMAN ADALAH INSPIRASI MENULISKU

Berbagi pengalaman Menulis Bersama Cikgu Tere